Audit Server Pada Sistem Operasi jaringan

Audit Server Pada Sistem Operasi jaringan

A.  Pengertian audit server pada SOJ
Audit adalah suatu proses yang sistematik untuk mendapatkan dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan-pernyataan mengenai kegiatan dan kejadian , dengan tujuan untuk menentukan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta menyampaikan hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

B.  Proses audit server pada SOJ
O     Proses Auditing.
O     Proses Audit Operasional Departemen Pemrosesan.



1.   Proses Auditing
          Lima tahap suatu audit keuangan adalah meliputi: perencanaan audit, persiapan penilaian struktur pengendalian internal, pengujian tahap pengendalian dari audit, tahap pengujian substantif dari audit, dan pelaporan audit.

2.  Proses Audit Operasional Departemen Pemrosesan
O     Tahap Perencanaan Audit
Penting bagi auditor memperoleh dan meninjau ulang latar belakang informasi atas unit, aktivitas, atau fungsi yang akan diaudit. Auditor perlu mengumpulkan informasi dari client untuk memperoleh suatu pemahaman menyangkut departemen DP dan sasaran hasilnya.
O     Tahap Survei Persiapan
Survei ini membantu auditor untuk mengidentifikasi area permasalahan, area sensitif, dan operasi yang rumit atas kesuksesan audit dari departemen DP.
O     Tahap Audit yang Terperinci
Kunci aktivitas untuk menguji dan mengevaluasi sepanjang tahap audit yang terperinci.
O     Pelaporan
Pada penyelesaian dari audit operasional, suatu laporan dibagi-bagikan ke manajemen dan panitia audit perusahaan. Isi dari laporan ini bervariasi menurut harapan manajemen.
O     Memeriksa apakah ada fungsi manajemen Jaringan yang kuat dengan otoritas untuk membuat standar dan prosedur.
O     Memeriksa apakah tersedia dokumen mengenai inventarisasi peralatan Jaringan, termasuk dokumen penggantian peralatan.
O     Memeriksa apakah tersedia prosedur untuk memantau network usage untuk keperluan peningkatan kinerja dan penyelesaian masalah yang timbul.
O     Memeriksa apakah ada control secara aktif mengenai pelaksanaan standar untuk aplikasi-aplikasi on-line yang baru diimplementasikan.

C.  Hasil Audit Server pada Sistem Operasi Jaringan
O     Untuk memonitor setiap perubahan pada konfigurasi kemanan jaringan.
O     Untuk mengetahui siapa saja yang mengakses file-file tertentu.
O     Untuk memonitor aktifitas dari sejumlah user jaringan.
O     Untuk menyimpan rekaman kegiatan login dan logout berdasarkan tanggal dan waktu.


Kesimpulan
          Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa :
a)    Audit adalah suatu proses yang sistematik untuk mendapatkan dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan-pernyataan mengenai kegiatan dan kejadian , dengan tujuan untuk menentukan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta menyampaikan hasil-hasilnya kepada pihak pihak yang berkepentingan.
b)   Fungsi audit yaitu untuk menjelaskan dua jenis aktivitas berbeda yang terkait dengan komputer, yaitu menjelaskan proses pengkajian ulang dan mengevaluasi pengendalian internal dalam sebuah sistem pemrosesan data elektronik.
c)    Proses audit server pada terdiri dari proses Auditing dan proses Audit Operasional Departemen Pemrosesan.
d)   Hasil Audit Server pada Sistem Operasi Jaringan yaitu untuk memonitor setiap perubahan pada konfigurasi kemanan jaringan, untuk mengetahui siapa saja yang mengakses file-file tertentu,untuk memonitor aktifitas dari sejumlah user jaringan, dan untuk menyimpan rekaman kegiatan login dan logout berdasarkan tanggal dan waktu.

Soal-soal !


1.      Jelaskan pengertian audit dalam system operasi jaringan !
2.     Sebutkan tahap-tahap suatu audit keuangan !
3.     Jelaskan fungsi audit server !
4.     Sebutkan tahapan dalam Proses Audit Operasional Departemen Pemrosesan !
5.     Sebutkan hasil dari audit server !

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Audit Server Pada Sistem Operasi jaringan ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 17 November 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Audit Server Pada Sistem Operasi jaringan
 

0 komentar:

Posting Komentar